Rumus Kerucut: Volume & Luas Permukaan Kerucut

336 views

iapps2go.com – Rumus Kerucut: Volume & Luas Permukaan Kerucut, Rumus Kerucut: Volume & Luas Permukaan Kerucut

Rumus Kerucut: Volume & Luas Permukaan Kerucut

Kerucut adalah limas dengan alas berbentuk lingkaran. Limas dengan alas segi-n memiliki sisi tegak dengan bentuk segitiga. Tetapi, karena alas kerucut memiliki bentuk lingkaran, maka kerucut memiliki sisi tegak yang melengkung.

Terdapat luas alas dalam rumus perhitungan volume limas. Luas alas juga digunakan untuk menghitung luas permukaan. Oleh karena itu, dalam mencari volume dan luas permukaan, kita perlu mengingat bahwa kerucut memiliki alas dengan bentuk lingkaran.

Kerucut merupakan bentuk geometri yang sangat sering kita temui. Volume dari kerucut perlu diketahui jika ingin membuat wadah berbentuk kerucut, kita perlu mengetahui volume agar dapat mengetahui seberapa banyak benda/gas/cairan yang dapat muat dalam kerucut tersebut. Luas permukaan dari kerucut perlu diketahui ketika kita ingin mempersiapkan bahan untuk membuat kerucut tersebut.


Rumus Volume Kerucut

Volume kerucut pada dasarnya dapat dihitung dengan rumus volume limas, karena itu perlu diketahui luas permukaan dan tinggi kerucut tersebut:

Volume Kerucut = 1/3 · Luas Alas · Tinggi

Luas alas dapat dihitung dengan rumus luas lingkaran yakni πr2. Dimana r merupakan jari-jari lingkaran dan π merupakan konstanta dengan nilai pendekatan 22/7. Sehingga didapatkan rumus:

Volume Kerucut = 1/3 · π · r2 · t

Rumus Luas Permukaan Kerucut

Luas permukaan kerucut dapat dihitung dengan menambahkan luas alas dengan luas selimut. Selimut kerucut merupakan sisi permukaan tegak yang melengkung.

Luas Permukaan Kerucut = Luas Alas + Luas Selimut
Luas Permukaan Kerucut = π·r2 + π·r·s
Luas Permukaan Kerucut = π·r · (r + s)

Luas alas kerucut berbentuk lingkaran sehingga dapat dihitung dengan rumus L = πr2. Luas selimut kerucut dapat dihitung dengan rumus L = πrs, dimana s merupakan panjang garis pelukis kerucut tersebut.


Garis pelukis merupakan panjang sisi tegak melengkung dari ujung atas sampai ke bawah. Segitiga siku-siku dibentuk oleh jari-jari, tinggi, dan garis pelukis; dengan sudut siku-siku pada pertemuan jari-jari dan tinggi. Oleh karena itu, jika garis pelukis tidak diketahui, garis pelukis kerucut dapat dicari dengan teorema pythagoras:

s = √r2 + t2
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Rumus Kerucut: Volume & Luas Permukaan Kerucut, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Rumus Kerucut: Volume & Luas Permukaan Kerucut berguna untuk anda.

Leave a reply "Rumus Kerucut: Volume & Luas Permukaan Kerucut"