Rumus Kecepatan dan Kelajuan

192 views

iapps2go.com – Rumus Kecepatan dan Kelajuan, Rumus Kecepatan dan Kelajuan

Rumus Kecepatan dan Kelajuan

Kecepatan adalah besaran vektor yang memiliki arah, sedangkan kelajuan adalah besaran skalar yang tidak memiliki arah. Sangat banyak orang yang tidak mengerti tentang perbedaan keduanya. Untuk seorang fisikawan, tentunya membedakan keduanya merupakan hal yang sangat mudah. Namun, perbedaan ini biasanya tidak diketahui oleh orang-orang awam.


Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

Besaran skalar seperti kelajuan hanya mengacu pada besarnya suatu tindakan (magnitudo). Di sisi lain, besaran vektor mengacu pada besar dan arah dari suatu tindakan. Contohnya, kelajuan adalah besaran skalar sehingga dapat dinyatakan dalam kalimat seperti “Budi bergerak dengan kelajuan 5 meter per detik”. Kecepatan dapat dinyatakan dalam kalimat seperti “Budi bergerak dengan kecepatan 5 meter per detik ke arah utara”. Terdapatnya arah membuat kecepatan menjadi besaran yang lebih komprehensif dibandingkan dengan kelajuan dalam perhitungan rumus-rumus fisika.

Definisi ilmiah kelajuan adalah jarak tempuh dibagi dengan waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut. Sedangkan kecepatan adalah laju perpindahan per satuan waktu dengan suatu arah tertentu. Jadi sebenarnya perbedaan keduanya sangat sederhana, yakni bahwa kecepatan memiliki arah sedangkan kelajuan tidak memiliki arah.

Rumus Kelajuan

Kelajuan (v) = total jarak tempuh/total waktu = d/t

Rumus Kecepatan

Kecepatan (v) = perpindahan/interval waktu = Δr/Δt

Perpindahan adalah jarak antar posisi awal dan posisi akhir suatu objek. Inilah yang membedakan kecepatan dan kelajuan. Misalnya Anda berjalan dari rumah ke sekolah lalu kembali ke rumah lagi, maka perpindahan bernilai nol.

Rumus-Rumus Kecepatan Tidak Konstan (Tidak Tetap)

Ketika kecepatan berfluktuasi terdapat kecepatan awal dan kecepatan akhir. Laju perubahan kecepatan dari awal ke akhir disebut sebagai percepatan.

v = v0 + at
v2 = v02 + 2aS
S = v0t + ½at2

Dimana:
v0 adalah kecepatan awal
v adalah kecepatan akhir
-a adalah percepatan
-S adalah jarak perpindahan
-t adalah waktu

Rumus Kecepatan Sudut

Rumus ini dapat digunakan jika suatu objek bergerak secara melingkar, contohnya Bumi berputar mengelilingi matahari atau perputaran roda kendaraan.

v = ωr
ω = v/r

Dimana:
v adalah kecepatan linear
-ω adalah kecepatan sudut
-r adalah jari-jari

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Rumus Kecepatan dan Kelajuan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Rumus Kecepatan dan Kelajuan berguna untuk anda.

Leave a reply "Rumus Kecepatan dan Kelajuan"