Perbedaan Internet dan Intranet

229 views

iapps2go.com – Perbedaan Internet dan Intranet, Perbedaan Internet dan Intranet

Perbedaan Internet dan Intranet


image by Stephen Brown

Zaman teknologi informasi sekarang ini dapat hadir berkat perkembangan jaringan komputer. Komputer-komputer saling terhubung dengan skala yang sangat besar, membuat banyak pengetahuan dapat diakses secara bebas.

Jika jaringan komputer diurutkan berdasarkan kompleksitas dan skala, terdapat dua jenis jaringan yang terletak di tiap ujungnya. Salah satunya tentunya “Internet“, lalu jaringan dalam suatu organisasi dinamakan “Intranet“.

Jaringan komputer membentuk dasar fundamental dari intranet dan internet, memungkinkan sharing informasi antar sekelompok komputer. Jaringan komputer operasional pertama diciptakan untuk United States Department of Defense, dikenal sebagai “Advanced Research Projects Agency Network” (ARPANET). Sejak saat itu, kompleksitas & kecanggihan dari teknologi dan arsitektur jaringan terus berkembang, yang pada akhirnya memberikan kita semua Internet.

Intranet adalah jaringan komputer pribadi, yang penggunaan dan aksesnya terbatas untuk suatu organisasi serta karyawan-karyawan atau anggota-anggotanya. Jaringan-jaringan seperti ini digunakan untuk kemudahan komunikasi dan berbagi informasi dalam perusahaan. Dalam industri yang didasari teknologi informasi, intranet mutlak diperlukan karena pekerjaan mereka sangat melibatkan data sharing dan kolaborasi antar pengguna komputer.

Intranet dapat disebut sebagai Internet dengan skala yang lebih kecil. Biasanya intranet dioperasikan melalui website, dijalankan oleh server lokal yang bertindak sebagai sarana resource sharing. Transfer data lewat jaringan berbasiskan website pribadi dapat dikendalikan dengan menggunakan protocol-protocol internet seperti HTTP (Hyper Text Transfer Protocol), SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), dan FTP (File Transfer Protocol).

Akan tetapi tidak semua intranet menggunakan private website. Mungkin ada organisasi yang memiliki intranet yang digunakan hanya untuk file sharing, tanpa website pribadi dan tanpa perlu menggunakan Internet protocol.

Internet

Kenyataan bahwa Anda mengakses informasi ini menggunakan Internet menunjukkan bahwa Anda sudah memiliki gagasan mengenai apa yang dapat dilakukan oleh Internet atau “International Network” untuk Anda.

Jaringan-jaringan kecil terintegrasi dengan jaringan kecil lain membentuk local area network (LAN). Lalu sejumlah local area network terintegrasi membentuk wide area network (WAN). Sejumlah wide area network terintegrasi membentuk national network. Gabungan dari semua national network yang ada menghasilkan Internet.

Intranet dapat merupakan jaringan dari beberapa ratus komputer, sedangkan Internet adalah jaringan yang dibentuk lebih dari miliaran komputer di seluruh dunia.

Struktur, Skala, & Kompleksitas

Struktur dari intranet mirip dengan prinsip internet. Keduanya menggunakan struktur server-client dan transfer data kedua jaringan menggunakan Internet protocol. Akan tetapi keduanya berbeda secara fundamental karena perbedaan yang jauh dalam hal skala dan kompleksitas.

Dengan miliaran komputer berbagi dan mentransfer data antara satu sama lain, administrasi Internet jauh lebih kompleks. Sangat banyak jaringan dan perangkat routing diperlukan untuk menghubungkan semua komputer-komputer di seluruh dunia. Di sisi lain, intranet yang dibatasi untuk sejumlah komputer lebih mudah untuk dikelola.

Kendali Server

Salah satu poin mendasar dari perbedaan keduanya adalah kendali server. Sebuah intranet dikendalikan oleh sebuah server tunggal, yang cukup untuk menangani semua tugas. Sebuah server atau cluster server tunggal memiliki kontrol mutlak atas seluruh jaringan.

Internet dioperasikan oleh kumpulan miliaran server komputer di seluruh dunia. Ini disebabkan oleh ukuran data yang dipertukarkan melalui internet benar-benar besar, sehingga pusat kontrol harus didesentralisasi. Seperti perbedaan antara pemerintahan kota dan pemerintahan negara. Desentralisasi diperlukan. Diatur oleh arsitektur umum, server-server tersebar di seluruh dunia mempertukarkan data dengan komputer client melalui penggunaan Internet protocol.

Penggunaan

Intranet dibangun dalam suatu organisasi untuk memungkinkan resource sharing dan saluran komunikasi cepat yang efisien dalam menghubungkan anggota tim dan rekan kerja. Intranet perusahaan membatasi akses dengan user id dan password, sehingga tidak dapat diakses oleh orang dari luar perusahaan.

Dalam beberapa kasus, akses eksternal dapat diberikan melalui penggunaan Virtual Private Network (VPN) agar karyawan di tempat lain dapat terhubung dengan jaringan. Intranet menyediakan kumpulan layanan yang dibutuhkan oleh organisasi. Peningkatan produktivitas, penghematan biaya, dan komunikasi cepat adalah beberapa keuntungan yang dapat diberikan oleh intranet.

Internet dan intranet memiliki penggunaan yang berbeda. Internet adalah jaringan global yang memiliki tujuan untuk sharing informasi pada tingkat global. Internet lebih terbuka dalam arti semua yang dibagi di Internet dapat di akses oleh setiap orang yang terhubung ke Internet, di seluruh dunia.

Internet menawarkan sangat banyak layanan dibandingkan dengan intranet yang memiliki layanan terbatas. Layanan yang ditawarkan antara lain seperti cloud computing, e-mail, FTP, world wide web, peer-to-peer data sharing, VoIP, dan banyak lainnya.

Perbedaan utama terletak pada skala, kompleksitas, dan pengelolaan. Sedangkan prinsip-prinsip dasar dan teknologi yang mendasari kedua jaringan itu sama.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Perbedaan Internet dan Intranet, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Perbedaan Internet dan Intranet berguna untuk anda.

Leave a reply "Perbedaan Internet dan Intranet"