Penyebab & Cara Mengobati Sariawan

103 views

iapps2go.com – Penyebab & Cara Mengobati Sariawan, Penyebab & Cara Mengobati Sariawan

Penyebab & Cara Mengobati Sariawan

sariawan

Sariawan ini juga dikenal dengan nama seriawan, canker sores, atau stomatitis aftosa. Sariawan biasanya berwarna putih atau kuning, dan dikelilingi area berwarna merah terang. Meskipun sariawan ini berukuran kecil, sariawan ini dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Sariawan dapat muncul di bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, atau gusi. Ada sejumlah cara untuk mengobati luka tersebut. Pengobatan sariawan juga akan tergantung pada penyebab dan tingkat parahnya sakit. Mari kita melihat berbagai penyebab dan cara untuk mengobati sariawan.


Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan beragam, dari akibat penggunaan pasta gigi dan obat kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate sampai akibat kondisi seperti stres, ketegangan, trauma, perubahan hormon selama menstruasi dan menopause, infeksi bakteri, dan keturunan.

Penyebab lainnya adalah kekurangan makanan, efek konsumsi obat anti-inflamasi tertentu dan beta-blocker, konsumsi makanan yang sangat pedas, tidak sengaja tergigit, alergi makanan, kurangnya kebersihan gigi, dan kekurangan zat besi.

Sariawan ringan mungkin memakan waktu sekitar satu minggu untuk sembuh, sedangkan yang berat dapat sampai lebih dari dua minggu untuk sembuh sepenuhnya.

Cara Mengobati Sariawan

Pengobatan Medis Dengan Obat-obatan
Untuk mengurangi rasa sakit, obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dapat digunakan. Dalam kasus yang parah, obat resep seperti tetrasiklin (cair) dan antivirus seperti zovirax mungkin diperlukan. Steroid Cortisoid seperti deksametason dapat diresepkan untuk penyembuhan cepat jika terdapat beberapa luka sariawan. Obat topikal seperti oracort juga dapat diresepkan untuk aplikasi pada sariawan. Obat seperti oragel dan anbesol efektif dalam mengobati sariawan.

Pengobatan Alami

  • Untuk menghilangkan rasa sakit, tempel es batu pada sariawan. Ini akan mematirasakan area tersebut dan sebagai akibatnya akan mengurangi rasa sakit.
  • Mengkonsumsi yoghurt dingin tiga kali sehari. Yogurt membantu mencegah bakteri berkembang biak, sehingga mencegah pembentukan sariawan tambahan.
  • Anda dapat bilas mulut dengan campuran setengah hidrogen peroksida dan setengah air. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur dua kali sehari.
  • Mulut juga dapat sering dibilas dengan larutan air garam, untuk membantu menyembuhkan luka dengan cepat.
  • Mengkonsumsi suplemen vitamin B bersama dengan vitamin C dan suplemen asam folat untuk menyembuhkan sariawan.
  • Baking soda dicampur dengan air dapat digunakan untuk melapisi sariawan.
  • Susu magnesia dapat dioleskan ke sariawan untuk membantu meringankan rasa sakit serta menyembuhkan.
  • Susu magnesia juga dapat dicampur dengan diphenhydramine dan dioleskan pada bagian yang sakit tiga kali sehari, untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh luka.
  • Tempel kantong teh celup bekas pada sariawan selama satu menit. Asam tannic yang dilepaskan oleh kantong teh tersebut dapat membantu menyembuhkan sariawan dan mengurangi rasa sakit.

Tips Untuk Mencegah Sariawan

  • Menjaga kebersihan mulut. Sikat gigi, gunakan benang gigi(dental floss), dan gunakan obat kumur antibakteri setidaknya dua kali sehari.
  • Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut untuk menghindari cedera pada gusi yang dapat mengakibatkan sariawan.
  • Hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung sodium lauryl sulfate. Periksa bahan pasta gigi sebelum Anda membeli.
  • Mengkonsumsi mineral seng, vitamin C, asam folat, dan suplemen acidophilus probiotik.
  • Hindari sering mengkonsumsi makanan pedas dan panas.
  • Konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat anti-inflamasi untuk mengetahui dampaknya pada sariawan.

Jika sariawan tidak hilang dalam satu atau dua minggu, konsultasikan dengan dokter untuk perawatan lebih lanjut.

Image courtesy of andronicusmax, via Flickr
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Penyebab & Cara Mengobati Sariawan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Penyebab & Cara Mengobati Sariawan berguna untuk anda.