Pengertian PCB

156 views

iapps2go.com – Pengertian PCB, Pengertian PCB

Pengertian PCB

PCB adalah papan dasar yang secara fisik mendukung dan menghubungkan komponen-komponen pada hampir semua barang elektronik. “Printed circuit board” merupakan kepanjangan dari PCB, atau “papan sirkuit cetak” dalam bahasa indonesia. Kebanyakan PCB dibuat dengan fiberglass atau plastik yang diperkuat kaca, dengan jalur-jalur konduktor (conductive trace) berbahan tembaga. Jalur konduktor tembaga menghubungkan komponen-komponen pada PCB, dengan membentuk suatu sirkuit.

PCB digunakan dalam komputer, baik laptop maupun desktop. PCB berperan sebagai fondasi untuk berbagai macam komponen internal yang ada dalam komputer seperti graphics card, controller card, network interface card, dan expansion card. Semua komponen ini terhubung ke motherboard, yang juga merupakan PCB.

PCB dapat berupa satu lapisan saja (single-layer) untuk perangkat-perangkat elektronik sederhana. Sedangkan, PCB untuk perangkat keras (hardware) yang kompleks seperti motherboard, dapat memiliki sampai sebanyak 12 lapisan. PCB biasanya memiliki warna hijau, akan tetapi PCB dapat dibuat dengan warna apapun.

Meski PCB biasa dikaitkan dengan komputer pribadi atau laptop, sebenarnya PCB juga digunakan di banyak perangkat-perangkat elektronik lain. Kebanyakan televisi, kamera digital, radio, ponsel, dan tablet memiliki satu atau lebih PCB. Meski PCB yang ditemukan di perangkat-perangkat mobile terlihat mirip dengan yang ditemukan di perangkat elektronik dengan ukuran yang lebih besar, PCB pada perangkat mobile biasanya lebih tipis dan memiliki sirkuit yang lebih rapi.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pengertian PCB, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pengertian PCB berguna untuk anda.