Pengertian CEO

135 views

iapps2go.com – Pengertian CEO, Pengertian CEO

Pengertian CEO

Apa itu CEO? CEO adalah posisi eksekutif tertinggi dalam suatu perusahaan. CEO adalah singkatan yang memiliki kepanjangan Chief Executive Officer. Seringkali jabatan CEO dikaitkan dengan kekuatan, tanggung jawab, kehormatan, serta gaji yang sangat tinggi. Orang-orang yang memiliki banyak pengalaman dan memiliki keahlian biasanya dipekerjakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai CEO dari perusahaan tersebut, akan tetapi sangat banyak pendiri perusahaan yang akhirnya menjabat sebagai CEO. Jabatan CEO biasanya ada pada perusahaan-perusahaan yang memiliki dewan direksi.

Tanggung jawab yang dimiliki oleh setiap CEO memerlukan setiap orang yang menjabat sebagai CEO untuk memiliki kepemimpinan dan kemampuan pengambilan keputusan yang baik. Beberapa tanggung jawab yang dimiliki oleh CEO antara lain:

  • Perencanaan Tujuan Perusahaan
    Setiap departemen yang ada pada suatu perusahaan diawasi oleh CEO. Ia membuat perencanaan bisnis, mengevaluasi profitabilitas dari rencana tersebut, serta mendiskusikannya dengan dewan direksi dan anggota manajemen. Setiap departemen memiliki pimpinan masing-masing, akan tetapi mereka semua perlu memastikan bahwa rencana mereka disetujui oleh CEO. CEO adalah pemrakarsa dari semua kebijakan dan aturan pada suatu perusahaan. Visi dan ide mereka sangat penting bagi kesuksesan perusahaan.
  • Mewakili Perusahaan
    Selain diwakili oleh kualitas produk dan citra perusahaan, tentunya perusahaan juga diwakili oleh CEO. CEO adalah orang yang harus bisa menjaga visibilitas publik pada setiap acara yang diadakan oleh perusahaan tersebut. Contohnya Steve Jobs naik ke panggung untuk memperkenalkan produk baru dari Apple. Menghadiri meeting, konferensi, dan acara-acara publik juga merupakan bagian penting dari pekerjaan seorang CEO. Mereka seperti wajah dari suatu perusahaan.
  • Membangun Sebuah Tim
    CEO menghubungkan para pegawai dan dewan direksi dari suatu perusahaan. Kesadaran mengenai performa setiap pegawai, termasuk pegawai pada departemen yang berbeda juga termasuk sebagai tanggung jawab seorang CEO.
  • Alokasi Anggaran Belanja
    Seorang CEO memutuskan dan melaksanakan rencana investasi finansial untuk suatu perusahaan. Para CEO menganalisa, mengevaluasi, dan mendistribusikan anggaran belanja untuk berbagai proyek yang ada. Mereka meneliti pengeluaran dan memastikan bahwa keuntungan didapat dengan efektif. Transaksi besar, penggabungan perusahaan, dan akuisisi merupakan investasi besar. Para CEO perlu menganalisa resiko dan kemudian memutuskan baik atau tidaknya melakukan investasi tersebut.
  • Budaya Kerja yang Positif
    CEO berperan dalam menjaga lingkungan kerja positif dalam organisasi tempat ia bekerja. Karena setiap pesan dari CEO akan sangat bermakna bagi setiap pegawai, para CEO perlu menangkap dengan teliti apa yang dirasakan setiap pegawai melalui berbagai langkah manajemen. Masalah yang berhubungan dengan kesalahan pegawai, pakaian, aktivitas ekstra adalah masalah yang tak dapat dihindari dan perlu ditangani dengan baik.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Pengertian CEO, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Pengertian CEO berguna untuk anda.

Leave a reply "Pengertian CEO"