Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan

87 views

iapps2go.com – Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan, Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan

Minum air kelapa di saat hari panas tentunya merupakan salah satu cara terbaik untuk menghadapi panas terik dan menyegarkan tubuh. Kelapa segar yang baru dipanen dari pohon dan masih hijau menyediakan air kelapa yang segar yang dapat kita minum. Di Indonesia dan negara-negara tropis lainnya di dunia tentunya banyak yang menyajikan air kelapa segar.

Air kelapa tidak lain adalah cairan endosperma dari kelapa dan merupakan cairan paling murni yang tersedia di bumi setelah air. Dipenuhi dengan elektrolit, magnesium, kalium, dan kalsium; air kelapa benar-benar adalah minuman ajaib. Manfaat air kelapa yang diyakini antara lain:

Hidrasi Tubuh
Air kelapa yang diambil dari kelapa muda adalah larutan isotonik, yang dapat membantu menggantikan air dan mineral yang hilang dari tubuh akibat aktivitas fisik. Atlet, orang yang olahraga, dan semua orang yang terlibat dalam kegiatan fisik yang berat perlu minum air kelapa karena air kelapa dapat membantu mereka menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Ini minuman elektrolit kaya juga merupakan pengganti yang cocok untuk Gatorade karena mengandung elektrolit lebih daripada kebanyakan minuman energi.

Membantu Larutkan Batu Ginjal
Air kelapa dianjurkan bagi mereka yang memiliki masalah batu ginjal. Orang-orang yang sedang dalam pengobatan sebaiknya minum air kelapa, karena membantu memfasilitasi penghancuran batu sehingga memungkinkan tubuh untuk menyingkirkan batu lebih cepat.

Membantu Pencernaan Selama Kehamilan
Air kelapa juga diyakini memiliki manfaat bagi ibu hamil. Karena air kelapa bebas dari bahan kimia, ibu hamil lebih suka minum air ini sebagai cara alami untuk mengurangi masalah pencernaan selama kehamilan. Selain itu, juga meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan, dengan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengurangi Risiko Hipertensi
Orang yang menderita tekanan darah tinggi memiliki kadar kalium yang rendah dalam tubuh mereka. Karena air kelapa tinggi kalium, minum secara teratur dapat membantu mengurangi risiko hipertensi.

Transfusi Darah
Air kelapa sangat identik dengan plasma darah dan dapat digunakan sebagai cairan infus di daerah di mana cairan garam isotonik tidak tersedia. Selain itu, juga merupakan donor universal. Bahkan selama Perang Dunia II, air kelapa digunakan sebagai pengganti cairan IV standar, yang karena kekurangan cairan tersebut.

Menghilangkan Cacing
Anak-anak sering terserang cacing, sehingga orang tua sering gelisah tentang memberi obat cacing. Nah, pemberian air kelapa bersama dengan satu sendok teh minyak zaitun dapat membantu menyingkirkan cacingan. Namun, ia harus mengambil dosis ini selama tiga hari berturut-turut. Selain itu, air kelapa mengandung monolaurin, yang bertindak sebagai monogliserida antivirus sehingga dapat membunuh bakteri dan virus dalam tubuh. Air kelapa dapat membinasakan virus terlapisi lipid seperti HIV, cytomegalovirus, herpes, dan lain-lain.

Mengurangi Infeksi Saluran Kemih
Diantara manfaat air kelapa lainnya, adalah kemampuan untuk mengurangi infeksi, terutama di saluran kemih. Konsumsi air kelapa dianjurkan untuk orang-orang yang menderita infeksi saluran kemih. Air kelapa akan membantu meringankan infeksi dan memungkinkan tubuh agar dapat sembuh lebih cepat.

Menyembuhkan Kulit Terbakar Sinar Matahari
Mengoles sedikit air kelapa ke kulit yang terbakar sinar matahari atau bisul panas dapat membantu memberikan efek melegakan pada kulit.

Selain manfaat tersebut, air kelapa juga dikenal untuk detoksifikasi tubuh, membantu sirkulasi, bertindak sebagai pembersih darah, mengurangi berat badan, dan mengontrol diabetes. Yang lebih baik lagi adalah air kelapa tidak memiliki efek samping. Air kelapa adalah jus terlaris kedua setelah jus jeruk di Brazil. Sekarang, kita tahu mengapa! Tentu saja, siapa yang tidak ingin mengambil keuntungan dari berbagai manfaat yang dimiliki air kelapa. Jika Anda tidak bisa mendapatkan kelapa segar di sekitar Anda, maka Anda bisa mencari minuman organik kelapa siap minum, yang tidak hanya mudah, tetapi juga sehat.

Tentunya perlu diketahui bahwa semua manfaat diatas itu belum semua terbukti secara ilmiah, manfaat-manfaat diatas adalah manfaat air kelapa yang diyakini masyarakat luas. Namun tentunya tidak dapat merubah fakta bahwa air kelapa merupakan minuman segar yang sangat baik untuk pelepas dahaga. Tentunya manfaat yang diberikan air kelapa mungkin juga bisa didapat ketika meminum cairan lain, minum air putih salah satu contohnya.

Image courtesy of Choo Yut Shing
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan berguna untuk anda.

Leave a reply "Manfaat Minum Air Kelapa Bagi Kesehatan"