Hewan Vertebrata & Hewan Invertebrata

102 views

iapps2go.com – Hewan Vertebrata & Hewan Invertebrata, Hewan Vertebrata & Hewan Invertebrata

Hewan Vertebrata & Hewan Invertebrata

hewan vertebrata
image by Ryan Somma

Hewan dapat dibagi menjadi dua kelompok, vertebrata dan invertebrata/avertebrata. Pembagian ini berdasarkan ada tidaknya tulang belakang pada hewan tersebut. Kita dapat mempelajari mengenai perbedaan vertebrata dan invertebrata lebih lanjut dengan memahami karakteristik masing-masing kelompok.


Hewan Invertebrata

Hewan invertebrata adalah hewan-hewan yang tidak bertulang belakang. Invertebrata adalah kelompok besar yang terdiri dari banyak filum, tidak seperti vertebrata yang hanya berupa 1 sub-filum.

Invertebrata adalah organisme multiseluler dan kebanyakan membentuk koloni dari sel-sel individu. Semua sel-sel di dalam koloni tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Mereka tidak memiliki dinding sel dan banyak yang memiliki jaringan, kecuali porifera/spons. Kebanyakan hewan invertebrata berkembang biak dengan reproduksi seksual.

Kebanyakan hewan invertebrata bisa bergerak kecuali porifera dewasa. Banyak invertebrata yang memiliki bentuk simetris. Invertebrata bersifat heterotrof, yakni tidak dapat menghasilkan energi sendiri. Invertebrata heterotrof dengan mengkonsumsi tumbuhan dan hewan lain.

Berikut 9 filum yang termasuk kelompok invertebrata, beserta contohnya:

  1. Porifera : spons
  2. Cnidaria : ubur-ubur, hydra, anemon laut, karang
  3. Ctenophora/Coelenterata : ubur-ubur
  4. Platyhelminthes : cacing pipih
  5. Mollusca/Moluska : siput
  6. Artropoda : udang, laba-laba, lipan
  7. Annelida : cacing bersegmen seperti cacing tanah, pacet, dan lintah
  8. Echinodermata : bintang laut, teripang, bulu babi

Hewan Vertebrata

Vertebrata dikelompokkan dalam sub-filum Vertebrata, dibawah filum Chordata. Hewan vertebrata adalah hewan bertulang belakang. Tulang belakang ini merupakan rangka dalam atau endoskeleton.

Hewan vertebrata berukuran lebih besar dibandingkan dengan hewan invertebrata. Kebanyakan hewan vertebrata memiliki sistem saraf yang lebih baik, yang membuat mereka lebih pintar.

Karakteristik vertebrata antara lain: simetri bilateral, segmentasi tubuh, sistem pencernaan lengkap, sistem peredaran darah tertutup, dan tentunya memiliki endoskeleton atau bertulang belakang.

Hewan-hewan yang termasuk dalam kelompok vertebrata dibagi atas 5 kelas:

  1. Pisces : ikan
  2. Reptilia : binatang melata seperti buaya, kadal, ular, penyu, dan kura-kura
  3. Mamalia : binatang menyusui seperti jerapah, singa, dan kera
  4. Amfibia : kodok dan katak
  5. Aves : ayam, kalkun, angsa, bebek, dan burung-burung lain

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Hewan Vertebrata & Hewan Invertebrata, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Hewan Vertebrata & Hewan Invertebrata berguna untuk anda.

Leave a reply "Hewan Vertebrata & Hewan Invertebrata"