Cara Menghitung Persen

170 views

iapps2go.com – Cara Menghitung Persen, Cara Menghitung Persen

Cara Menghitung Persen

Persen secara harfiah memiliki arti “per 100 bagian”. Meski begitu, sebenarnya persentase merupakan perbandingan suatu bagian terhadap keseluruhannya, yang telah dibagi menjadi seratus bagian. Istilah ini sangat penting untuk dimengerti, karena istilah ini sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda perlu mengerti bagaimana cara menghitung persen agar Anda dapat memahami istilah ini dengan sebaik-baiknya.

Misalkan Anda membeli kue dari toko dan dibagi menjadi 100 potong. Jika Anda memakan 5 potong, maka bisa disebutkan bahwa Anda memakan 5 persen dari kue tersebut. Dengan istilah teknis, persentase itu menyatakan rasio sebuah pecahan terhadap keseluruhannya. Dengan kata lain, untuk menghitung persen, Anda perlu menghitung proporsi dari sebuah bagian terhadap keseluruhannya, yang dibagi menjadi seratus bagian.


Rumus Menghitung Persen

Hanya kata-kata tidaklah cukup untuk menjelaskan persoalan matematika. Konsep matematika lebih mudah dijelaskan dengan menggunakan persamaan dan rumus. Rumus untuk menghitung persen antara lain:

Persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100

Menggunakan rumus diatas, Anda damat mengubah rasio atau pecahan apapun menjadi persentase. Pada dasarnya, mengalikan rasio atau pecahan apapun dengan 100 akan menghasilkan persentase. Rumus yang sama dapat digunakan untuk menghitung pecahan dari nilai persentase yang diketahui. Misalnya, 80% dari 200 adalah:

80/100 x 200 = 160

Contoh perhitungan persen:

Botol berisi 150 ml air, kemudian ditambahkan 30 ml air. Berapa persen kenaikan volume air?

Berdasarkan rumus diatas, 'bagian' disini adalah 30 ml, yang ditambahkan ke 150 ml air.

Jadi persen kenaikan adalah:

(bagian/seluruh) x 100
(30 ml / 150 ml) x 100 = 20%

Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Menghitung persen di kalkulator dapat digunakan dengan sangat mudah. Misalkan seorang siswa mendapat nilai 400 dari 600. Menggunakan rumus diatas, Anda perlu membagi 400 (bagian) dengan 600 (keseluruhan) dan mengalikannya dengan angka 100. Jadi, pertama-tama masukkan angka 450 ke kalkulator, kemudian tekan tanda bagi dan masukkan angka 600. Anda akan mendapatkan nilai rasio setelah menekan tanda '=' (400/600). Setelah itu tekan tanda kali 'X' dan masukkan angka 100. Tekan tanda sama dengan '=' lagi untuk mendapatkan persentase.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Menghitung Persen, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Menghitung Persen berguna untuk anda.