Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z

223 views

iapps2go.com – Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z, Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z

Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z

File RAR, zip, 7z, dsb menyimpan data dalam bentuk yang terkompresi (compressed format). File-file ini juga dikenal sebagai compressed archives yang berisi folder-folder untuk menyimpan file-file. Teknik matematika yang berbeda digunakan untuk mengurangi atau mengkompresi ruang yang dibutuhkan untuk menyimpan suatu kumpulan file.

Format file RAR dinamakan berdasarkan nama programmer pembuat format RAR yang berasal Rusia, Eugene Roshal. RAR adalah singkatan dari Roshal Archive.

Kompresi file RAR dikatakan lebih baik dibandingkan dengan file zip karena algoritma yang digunakan lebih baik. Kira-kira RAR dapat mengkompresi file 8-30% lebih baik dibandingkan dengan zip.

Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z di Windows

Terdapat beberapa program yang dapat digunakan untuk membuka file-file seperti ini. Sistem operasi Windows tidak memperlukan program tambahan untuk membuka dan membuat file zip, namun untuk membuka format lainnya Anda perlu menginstall program lain.

Berikut ini adalah program-program yang biasa digunakan:

  • 7-Zip : 7-Zip adalah program open source yang dapat digunakan secara gratis. 7-Zip mendukung semua format kompresi umum. 7-Zip tidak memiliki design antarmuka (interface) yang terbaik, namun program ini memiliki fitur yang sangat lengkap.
  • IZArc : IZArc merupakan compression tool yang mendukung paling banyak format dibandingkan dengan program-program lain. IZArc juga menyediakan versi portable yang tidak perlu Anda install. IZArc memiliki antarmuka yang menarik serta dapat digunakan dengan gratis.
  • WinRAR : WinRAR adalah aplikasi populer yang sudah ada sejak tahun 1993. WinRAR mendukung banyak format. WinRAR juga merupakan salah satu dari beberapa aplikasi yang dapat membuat file dengan format RAR. WinRAR hanya dapat membuat file terkompresi dengan format RAR dan ZIP saja. Single user license WinRAR dapat dibeli seharga $29. Meski begitu, Anda dapat mendownload versi trial 40 hari, ketika trial sudah abis Anda dapat tetap menggunakan program WinRAR tersebut, hanya saja akan muncul pesan pop-up setiap kali anda menggunakan WinRAR.
  • PeaZip : PeaZip merupakan program open source gratis yang mendukung sangat banyak format. Tidak seperti 7-Zip, PeaZip memiliki interface yang menarik. Seperti IZArc, PeaZip juga menyediakan versi portable, yang tidak perlu di install sebelum dapat digunakan.

Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z di Mac

Pada Mac OS, sudah ada aplikasi built-in 'The Unarchiver' yang dapat digunakan untuk membuka file dengan format Zip, RAR, 7z, Tar-GZip, Tar-BZip2, LhA, StuffIt, dan banyak lagi lainnya.

The Unarchiver sudah dapat memenuhi kebutuhan kebanyakan pengguna, karena aplikasi ini dapat digunakan untuk menangani semua format umum. Meski begitu, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk membuka, tidak dapat digunakan untuk kompresi file.

Cara Membuka File RAR & Zip di Android

Terdapat sangat banyak aplikasi di Google Play Store yang dapat digunakan. Saya merekomendasikan untuk menginstall file manager seperti ES File Explorer atau AndroZip. Keduanya dapat digunakan dengan gratis.

Saya pribadi menggunakan ES File Explorer, karena saya sangat menyukai design interface yang dimiliki oleh aplikasi ini, serta memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Membuka File RAR, Zip, & 7z"