8 Manfaat Minyak Ikan Omega-3

175 views

iapps2go.com – 8 Manfaat Minyak Ikan Omega-3, 8 Manfaat Minyak Ikan Omega-3

8 Manfaat Minyak Ikan Omega-3

Minyak ikan adalah sumber omega-3 yang sangat baik. Minyak ikan bisa didapat dengan mengkonsumsi ikan atau suplemen. Minyak ikan bisa didapat dari ikan-ikan seperti salmon, tuna, dan hiu. Selain itu, minyak ikan juga bisa didapat dari hati atau liver ikan paus dan anjing laut.

Kebanyakan orang mengkonsumsi suplemen minyak ikan sebagai sumber asam lemak omega-3. Omega-3 adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Akan tetapi, tubuh kita tidak dapat menghasilkan asam lemak ini sendiri.

Minyak ikan memiliki banyak manfaat-manfaat untuk kesehatan tubuh manusia, berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat minyak ikan:

  • Mengurangi Peradangan (Inflamasi)
    Minyak ikan mengandung asam dokosaheksaenoat (DHA) dan asam eikosapentanoat (EPA), keduanya berguna untuk mengurangi peradangan atau inflamasi. Minyak ikan dapat meredakan sakit saat terjadi inflamasi. Suplemen minyak ikan seringkali dianjurkan untuk penderita penyakit-penyakit inflamasi parah seperti kolitis ulseratif dan maag (disebut juga gastritis atau radang lambung).
  • Mengatasi Radang Sendi (Rematik)
    Biasanya penderita radang sendi kekurangan asam lemak omega-3, sehingga menyebabkan respon imun yang terlalu sensitif. Suplemen minyak ikan dengan dosis yang benar dapat membantu meredakan sakitnya radang sendi. Minyak ikan juga dapat mengurangi kekakuan sendi di pagi hari dan kelembutan sendi (joint tenderness).
  • Mengurangi Tekanan Darah Tinggi
    Minyak ikan sering dianjurkan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Percobaan yang dilakukan pada penderita hipertensi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2 sampai 3 gram minyak ikan dapat membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik.
  • Mencegah Penyakit Jantung
    Konsumsi minyak ikan dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Minyak ikan diketahui dapat mengurangi kolesterol jahat dan mendukung kolesterol baik. Minyak ikan juga dapat membantu mencegah aterosklerosis dengan mencegah timbulnya plak dan gumpalan darah, yang cenderung menyumbat arteri.
  • Suplemen Kehamilan
    Ibu hamil yang mengkonsumsi suplemen ini dipercaya akan mengalami persalinan yang normal dan lancar. Sebaliknya, ibu hamil yang kekurangan nutrisi dari minyak ikan dipercaya akan memiliki risiko bayi lahir prematur yang lebih tinggi. Studi juga menunjukkan bahwa DHA yang ada dalam minyak ikan dapat membantu perkembangan mata dan otak janin.
  • Kesehatan Mental
    Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurus stress, kegelisahan, depresi, dan masalah mental lain. Orang yang kekurangan asam lemak omega-3 rentan terhadap stress dan depresi.
  • Rambut Sehat
    Minyak ikan diketahui dapat membuat rambut lebih tebal dan berkilau.
  • Kulit Sehat
    Minyak ikan dapat menjaga kecantikan kulit, menjaga elastisitas kulit, mencegah keriput, dan memperlambat proses penuaan (anti-aging).

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  8 Manfaat Minyak Ikan Omega-3, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  8 Manfaat Minyak Ikan Omega-3 berguna untuk anda.