7 Manfaat Sauna

96 views

iapps2go.com – 7 Manfaat Sauna, 7 Manfaat Sauna

7 Manfaat Sauna

Sauna adalah ruang kecil yang dirancang khusus untuk dipanaskan ke suhu tinggi, dengan tingkat kelembaban yang dikontrol. Ruang itu sendiri dibuat dengan kayu aromatik yang memberikan aroma enak ketika dipanaskan. Manfaat kesehatan sauna sudah diketahui sejak zaman dahulu, terdapat bukti-bukti yang menunjukkan bahwa sauna sudah digunakan sejak zaman batu.

Manfaat-manfaat sauna antara lain sebagai berikut:

  • Detoksifikasi Tubuh
    Berkeringat adalah cara terbaik untuk membuang racun-racun yang terdapat di dalam tubuh kita. Kulit memiliki peran penting dalam detoksifikasi tubuh melalui pengeluaran keringat. Terdapat kelenjar keringat di kulit yang aktif ketika suhu tubuh naik, kelenjar keringat mengeluarkan racun dalam bentuk keringat.
  • Meningkatkan Sirkulasi Darah
    Sauna merupakan pilihan menarik bagi orang yang tidak kuat menahan olahraga berat. Sauna dapat meningkatkan sirkulasi darah tanpa membebani sistem lain dalam tubuh. 10 sampai 20 menit sauna dapat meningkatkan detak jantung 50 sampai 75 persen. Ini memberikan hasil yang hampir sama dengan olahraga. Suplai darah yang baik dapat memberikan nutrisi yang diperlukan tiap sel dan memastikan pembuangan limbah dalam tubuh dilakukan dengan baik.
  • Mempercantik Kulit
    Pori-pori dapat tersumbat karena penggunaan krim, deodoran, dan sel-sel kulit mati. Pori-pori yang tersumbat ini dapat menyebabkan masalah seperti jerawat. Sauna dapat membersihkan dan membuka pori-pori tersebut, dan keringat yang keluar dari pori-pori dapat membuang racun dari dalam tubuh. Sirkulasi darah yang baik juga dapat membuat kulit tampak lebih muda dan segar.
  • Memperkuat Sistem Imun
    Demam adalah mekanisme tubuh yang berguna untuk melawan mikroorganisme. Sauna dapat meningkatkan suhu tubuh, sehingga dapat memberikan efek yang mirip seperti demam. Produksi sel darah putih dan antibodi meningkat, sehingga sistem kekebalan tubuh kita menjadi lebih kuat.
  • Menurunkan Berat Badan
    Sauna dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan mengeluarkan keringat, tubuh kita akan kehilangan banyak air. Akan tetapi, berat badan yang hilang akan didapatkan kembali setelah minum air. Studi terkini menunjukkan bahwa peningkatan curah jantung saat sauna dapat membakar sekitar 300 kalori.
  • Merilekskan Otot
    Rasa pegal-pegal setelah olahraga disebabkan oleh dihasilkannya asam laktat yang berlebihan serta otot-otot yang rusak. Selain dapat membantu merilekskan otot, sauna juga dapat mengeluarkan asam laktat yang menumpuk. Sirkulasi darah yang meningkat juga dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak.
  • Merilekskan Pikiran
    Pikiran dapat lebih rileks karena sauna meningkatkan aktivitas peredaran darah, yang kemudian menyebabkan pelepasan zat endorphin (zat kimia di otak yang membuat kita merasa lebih baik).

Meski terdapat banyak manfaat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Minum air secukupnya sebelum masuk ruang sauna agar tidak dehidrasi. Jangan terlalu lama berada di ruang sauna, dianjurkan berada di sauna selama kira-kira 15 menit, tapi ingat jangan lebih dari 20 menit. Setelah selesai, keringkan tubuh Anda dan minum air putih secukupnya.
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  7 Manfaat Sauna, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  7 Manfaat Sauna berguna untuk anda.