16 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah

114 views

iapps2go.com – 16 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah, 16 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah

16 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah

semut hitam

Semut adalah hama yang paling umum ditemukan di rumah-rumah. Semut ini memiliki lebih dari 12.000 spesies yang berbeda. Mereka adalah makhluk sosial dan hidup dalam koloni besar.

Semut-semut ini dapat masuk kedalam setiap celah yang ada dirumah. Semut sudah menjadi masalah untuk waktu yang sangat lama, sehingga orang-orang telah mencari banyak cara untuk menyingkirkan mereka.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk membasmi semut :

  1. Air Mendidih
    Anda dapat mencoba menuangkan air mendidih pada sarang semut, atau pada semut itu sendiri.
  2. Garam / Lada
    Menyebarkan garam di sudut-sudut ruangan dan sarang semut adalah cara yang efektif untuk mengusir semut. Garam juga dapat dicampur dengan air panas dan kemudian disemprotkan pada semut. Lada juga dapat digunakan sebagai pengganti garam.
  3. Cuka
    Metode lain yang sangat efektif untuk menyingkirkan semut adalah dengan menyemprotkan cuka di jalan masuk mereka. Aroma cuka yang kuat dapat mengusir semut. Cuka apel dan minyak peppermint juga dapat digunakan sebagai pengganti cuka.
  4. Ketimun
    Ada satu fakta aneh mengenai semut, yakni mereka tidak suka rasa mentimun. Oleh karena itu, dengan menempatkan potongan mentimun di daerah semut biasa berkeliaran, dapat membuat mereka meninggalkan tempat itu.
  5. Mint
    Kantong teh mint bekas juga dapat digunakan untuk mengusir semut secara efektif. Letakkan kantong teh mint di tempat dimana semut berkeliaran. Daun mint juga dapat dikeringkan dan dihancurkan menjadi bubuk, yang kemudian dapat ditaburkan di tempat semut biasa berkeliaran.
  6. Jus Lemon
    Campur jus lemon dengan sedikit air, dan kemudian semprotkan di daerah di mana semut-semut sering berkeliaran. Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai pengganti lemon.
  7. Sabun
    Bahan pembuat sabun berbahaya bagi semut. Sabun dapat memecah lapisan lilin dari exoskeleton serangga dan membuatnya mengalami dehidrasi. Jika Anda tahu tempat-tempat masuknya semut, Anda dapat mengoleskan sabun di tempat tersebut. Anda juga dapat mencampur sabun dengan air, dan kemudian menyemprotkan campuran tersebut pada semut-semut yang berkeliaran.
  8. Bubur jagung
    Bubur jagung akan mengembang saat dikonsumsi. Setelah semut menelan bubur jagung, mereka akan membengkak seiring dengan mengembangnya bubur jagung yang dikonsumsi, dan mati sebagai akibatnya. Sebarlah bubur jagung di mana pun Anda melihat semut, untuk menyingkirkan mereka. Jagung, nasi, atau gandum yang digiling juga dapat digunakan sebagai pengganti bubur jagung
  9. Ampas Kopi
    Taburi saja ampas kopi di sekitar celah-celah yang bisa menjadi jalan masuk semut, untuk mencegah semut masuk, atau di tempat di mana mereka berkeliaran.
  10. Cengkeh
    Taburkan beberapa cengkeh dimana Anda sering melihat semut, semut akan menjauhi tempat tersebut karena bau cengkeh yang khas.
  11. Bedak Bayi atau Baby Powder
    Sebar bedak bayi di mana pun Anda melihat semut berkeliaran. Mereka membenci bedak wangi dan akan menjauhinya.
  12. Bubuk Cabai atau Kayu Manis(Cinnamon)
    Menaruh bubuk cabai pada sarang semut adalah cara lain yang dapat dilakukan untuk membantu menyingkirkan mereka. Kayu Manis juga sangat baik untuk mengusir semut.
  13. Baking Soda
    Anda dapat menaburkan baking soda ke tempat-tempat semut dapat masuk kedalam rumah. Selain itu anda juga dapat mencampurkan baking soda dengan gula bubuk, gula akan mengecoh semut untuk mengonsumsi campuran tersebut, ragi yang terdapat dalam baking soda dapat membunuh semut setelah campuran tersebut dikonsumsi.
  14. Parfum
    Rendam bola kapas dalam parfum yang kuat, dan taruh beberapa bola ini di daerah-daerah dimana semut bisa masuk. Mereka tidak bisa mentolerir bau parfum dan akan menjauh. Atau anda juga bisa langsung menyemprotkan parfum pada mereka.
  15. Bawang Putih
    Kupas dan iris beberapa siung dan tempatkan dimana semut sering berkeliaran atau dimana Anda sering melihat semut.
  16. Boraks atau Asam Borat
    Boraks dapat dicampur dengan larutan gula dan air, lalu disemprotkan di sekitar daerah di mana semut berkeliaran. Metode ini sangat efektif. Semut akan membawa boraks ke dalam sarang mereka, yang dapat membunuh semut-semut yang lainnya.

Image courtesy of Sancho McCann, via Flickr
Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  16 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  16 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah berguna untuk anda.

Leave a reply "16 Cara Mudah Mengusir Semut di Rumah"